Cara Masak Rendang Kerang dalam Waktu Cepat dan Mudah

Posted on

Cara Masak Rendang Kerang

Walaupun makanan rendang menjadi salah satu olahan makanan tradisional yang terkenal di Indonesia. Namun sebenarnya arti kata rendang adalah memasak, dan bukan merupakan jenis makanan. Bagaimana dengan cara masak rendang kerang yang enak?

Mari kita bahas lebih lengkap tentang resep dan penyajian rendang kerang tersebut. Anda bisa memasak rendang apa saja sesuai keinginan. Tidak harus rendang dengan bahan daging sapi. Kini, banyak orang yang mulai memasak rendang kerang dengan bumbu rendang yang legit.

Olahan Makanan Rendang Kerang

Salah satu keunggulan dari memasak rendang kerang adalah dagingnya lebih cepat matang, dibandingkan dengan membuat rendang daging. Olahan makanan rendang kerang ini juga bisa menjadi pilihan menu makan sahur yang lezat tapi cara memasaknya praktis.

Hal itu disebabkan oleh proses memasaknya yang cepat dan tidak terlalu ribet seperti mengolah rendang daging. Kerang bisa diolah menjadi masakan apa saja, salah satunya yaitu dengan mengolahnya menjadi rendang.

Jika Anda bosan dengan rendang daging maka cobalah untuk membuat rendang kerang tersebut. Apalagi cara masak rendang kerang lebih simpel dan cepat dibanding memasak rendang daging. Jika menggunakan teknik pengolahan yang tepat maka rasanya akan sangat lezat.

Teknik pengolahan makanan yang disukai oleh banyak orang adalah rendang. Banyak orang yang suka dengan olahan rendang tersebut. Makanan yang dikenal dari daerah Minang ini memang menjadi makanan favorit banyak orang.

Jadi, bagaimana jika Anda mencoba mengolah rendang dengan bahan dasar kerang. Hal itu juga bisa menjadi alternatif dalam pembuatan rendang dengan bahan utama kerang. Sajian makanan yang satu ini memiliki rasa yang istimewa.

Cara Masak Rendang Kerang Praktis dan Lezat

Dalam membuat rendang kerang ini sebaiknya Anda persiapkan dulu bahan-bahannya. Bahan-bahan olahan rendang kerang meliputi:

Bahan dan bumbu:

  • Kerang 350 gr yang dicuci sampai bersih lalu tiriskan
  • Daun jeruk 4 lembar saja dan buang bagian tulang daunnya
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 2 batang dengan dimemarkan dahulu bagian putihnya
  • Daun kunyit 2 lembar
  • Air perasan jeruk nipis 1 sendok makan
  • Gula pasir ½ sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Santan kelapa 500 gr
  • Minyak secukupnya

Bumbu halus:

  • Bawang putih 6 siung
  • Bawang merah 8 butir
  • Cabai merah 6 buah
  • Kunyit 2 ruas

Langkah dan cara masak rendang kerang dengan praktis

  • Pertama-tama ambil dahulu kerang yang sudah disiapkan tadi, lalu lumuri kerang dengan memakai 1 sendok makan air perasan dari jeruk nipis. Pastikan dahulu seluruh bagian kerang sudah terlumuri jeruk nipis dengan merata.
  • Haluskan bumbu yang juga sudah dipersiapkan, baik menggunakan ulekan atau blender.
  • Apabila bumbu sudah sangat halus maka tumis bumbu tersebut yang dicampur dengan bahan lainnya. Yaitu daun salam, kunyit, daun jeruk, dan serai sampai wanginya tercium.
  • Masukkan kerang yang tadi sudah dibersikan ke dalam wadah, lalu aduk lagi sampai merata.
  • Tuangkan santan secara perlahan sambil mengaduknya, lalu tambahan garam dan juga gula lalu masak kerang tersebut hingga bumbunya meresap dan sampai kerang matang.
  • Simpan kerang di atas piring dan makan selagi hangat bersama nasi.

Cara masak rendang kerang tersebut ternyata sangat mudah, praktis, tidak ribet, dan yang terpenting tidak pakai lama. Teknik memasak rendang yang sangat populer ini selalu berhasil menghasilkan olahan makanan yang nikmat.

Tips Agar Olahan Makanan Rendang Tidak Cepat Basi

Dalam memasak rendang baik dengan bahan dasar daging atau kerang, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal penting supaya rendang tidak mudah basi. Rendang menjadi makanan favorit banyak orang dan bisa menjadi olahan masakan yang paling enak.

Namun sayang sekali jika rendang yang Anda masak basi dan tidak tahan lama. Untuk itu Anda membutuhkan tips menarik dalam membuat rendang kerang tidak mudah basi, dan bisa disimpan selama beberapa hari.

Berikut ini tips dalam membuat rendang menjadi tidak mudah basi:

  1. Pemakaian Santan

Supaya rendang yang Anda makan lebih tahan lama dan juga awet, maka perhatikan bagaimana penggunaan santannya ketika memasak. Santan sangat berperan penting dalam cara masak rendang kerang atau rendang daging.

Untuk rasa dan hasil terbaik sebaiknya gunakan santan yang berasal dari kelapa tua. Supaya Anda memperoleh hasil terbaik dari olahan makanan tersebut. Kualitas santan dari kelapa yang sudah tua juga lebih wangi, dan bisa membuat rendang kerang menjadi lebih awet.

Minyak kelapa yang dipakai pada bumbu rendang juga berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Namun rendang yang dimasak dengan santan dari kemasan instan waktu penyimpanannya akan lebih sedikit atau cepat basi.

  1. Bahan-bahannya Harus Segar

Tips kedua dalam membuat rendang kerang lebih tahan lama dan tidak mudah basi adalah, pilih bahan-bahan yang segar. Membuat rendang dengan hasil yang sempurna tidaklah mudah. Bisa dilihat dari pilihan bahan-bahannya, yaitu harus yang masih segar.

Pilih bahan-bahan yang masih segar seperti rempah atau bumbu-bumbu yang nanti akan digunakan. Jenis kerangnya pun harus yang masih segar dan berkualitas, karena hal itu akan memengaruhi rasa dari rendang itu sendiri.

Anda juga bisa memvakum olahan rendang tersebut supaya lebih awet, seperti yang banyak dilakukan pada rendang daging. Namun walaupun akan divakum pastikan lagi rendang harus matang dengan sempurna supaya lebih tahan lama.

  1. Membuat Rendang Kering

Jika ingin lebih awet lagi maka Anda bisa mengolah rendang kerang yang kering saja. dibanding rendang basah tentu rendang kering akan lebih awet.

Namun proses memasaknya akan lebih lama karena menunggu sampai bumbu benar-benar meresap di daging dan airnya menyusut. Aduk terus rendang selama proses memasak, dan jangan berhenti.

  1. Simpan di Wadah

    yang Tertutup Rapat

Simpan rendang dalam wadah yang tertutup rapat dengan wadah yang bersih dan kedap udara. Jika Anda ingin menyantap rendang kerang tersebut untuk beberapa hari, bisa disimpan langsung di kulkas.

Namun jangan satukan rendang dengan bahan makanan lainnya di kulkas yang aromanya tajam. Karena bau yang mengganggu akan mengurangi kualitas dari rendang tersebut. Apalagi jika disimpan di freezer maka ketahanannya akan lebih lama.

  1. Jangan Menyimpan Rendang di Wadah Tertutup Saat Masih Panas

Pada saat rendang selesai dimasak biarkan dahulu di suhu ruangan dalam waktu beberapa jam. Setelah itu barulah simpan di wadah yang tertutup rapat. Jika masih hangat apalagi panas sebaiknya tidak di masukkan ke dalam wadah tertutup.

Kualitas rendang juga akan berkurang jika sudah dimasukkan ke dalam wadah tertutup atau ke kulkas. Bahkan rendang akan cepat basi dan kualitas rasa juga berkurang. Rendang kerang bisa disimpan di suhu ruang tapi hanya bertahan maksimal 4 hari saja.

Jika cara masak rendang kerang dilakukan dengan tepat maka kualitas dan rasanya pun akan sangat lezat. Rendang tidak akan mudah basi dan tahan sampai beberapa hari ke depan dengan kualitas rasa yang tidak menurun.